Manfaat Ikan Toman Untuk Kesehatan

Manfaat Ikan Toman Untuk Kesehatan
====================================




Ikan Toman adalah anggota family ikan Gabus yang bisa di buat obat seperti Obat Titan Gel dan  memiliki nama lain Snakehead alias kepala ular. Mengapa dijuluki demikian? Ini karena Toman memiliki bentuk kepala seperti ular. Toman termasuk predator yang cukup menyeramkan di kalangan ikan air tawar karena kebiasaannya memangsa ikan-ikan kecil.

Ikan Toman populer diolah menjadi aneka macam makanan, seperti ikan bakar, gulai ikan, sop ikan, bahkan ikan asin dan kerupuk. Ikan ini memang memiliki daging yang tebal dan lembut. Namun karena bentuknya tebal inilah, kalau masak Toman harus berani main bumbu, biar meresap.





Kandungan Gizi ikan Toman banyak sekali. Sebagaimana jenis ikan air tawar pada umumnya. Toman kaya dengan protein yang dapat merangsang pembentukan membran sel. Regenerasi sel tubuh manusia yang rusak juga cepat kalau kita mengonsumsi kerabat gabus yang satu ini. Selain itu, manfaat Toman juga masih beragam lagi, seperti:
1. Membantu Pertumbuhan dan Perkembangan Tulang Anak

Kandungan asam amino esensial yang terdapat pada ikan toman sangat berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang pada anak, membantu penyerapan kalsium dan menjaga keseimbangan nitrogen dalam tubuh. Selain itu juga dapat menghasilkan antibodi, hormon, enzim, dan pembentukan kolagen.
2. Meningkatkan Kinerja Otak

Otak merupakan pengendali tubuh, apabila seseorang memiliki cerebellum yang sehat, maka akan mendorong kesehatan. Namun sebaliknya, jika otak dalam kondisi yang tidak sehat, maka itu merupakan penyebab dari segala masalah pada tubuh. Maka dari itu anda harus mengonsumsi ikan toman supaya tetap fit.
3. Mengontrol Tekanan Darah

Apabila seseorang sedang menderita hipertensi, mengonsumsi ikan toman setiap hari dapat membantu menjaga tingkat tekanan darah supaya tetap stabil dan terkendali. Tingginya kadar kalium yang terkandung pada toman ini membantu menjaga tekanan darah normal, selain itu juga bisa menurunkan risiko komplikasi kesehatan.
4. Mencegah Penyakit Jantung

Salah satu cara untuk mencegah resiko penyakit jantung yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung manfaat omega 3, misalnya ikan toman. Selain itu juga banyal terdapat gizi serta nutrisi didalamnya.
5. Sumber Vitamin

Ikan toman merupakan salah satu jenis ikan yang banyak mengandung sumber gizi yang penting bagi tubuh, terutama vitaminnya. Contohnya ada vitamin B kompleks, A, D, dan E. Ada baiknya bila dikonsumsi secara rutin.
6. Menurunkan Resiko Kencing Manis

Memakan ikan toman secara rutin ternyata bisa menurunkan resiko kencing manis atau biasa disebut dengan diabetes, karena didalamnya terdapat asam lemak tak jenuh tunggal yang berperan pencegahan serta mengontrol kadar gula darah pada penderita.
7. Manfaat Ikan Toman untuk Menurunkan Berat Badan

Kandungan omega 3 yang terdapat pada ikan toman dikenal dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu juga harus dikombinasikan dengan olahraga teratur supaya dapat menurunkan lemak dalam perut secara signifikan. Hal ini juga dapat membantu mengatur metabolisme tubuh.
8. Mengurangi Resiko Kanker Payudara

Khasiat antioksidan yang terdapat pada ikan toman dapat mengurangi risiko kanker payudara, karena bantuan dari asam lemak omega 3. Selain itu, apabila anda mengolah masakan jangan terlalu banyak dicampuri vetsin, pakai sedikit saja paling tidak sepucuk sendok teh.
9. Mengurangi Gejala Reumatoid Arthritis

Dalam khasiat ikan toman terkandung senyawa yang bersifat anti inflamasi dapat bermanfaat membantu dalam menurunkan kekakuan otot yang sering terjadi pada orang yang menderita rheumatoid arthritis.
10. Mengobati Depresi

Orang yang mengkonsumsi asam lemak omega 3 dengan menambahkan ikan toman sebagai lauk makan atau pendamping nasi pada menu harian, dapat membantu mengobati dan merubah suasana hati yang terjadi pada penderita depresi.

Komentar